Beberapa Manfaat Dari Asem Jawa

Beberapa Manfaat Dari Asem Jawa

Info Sehat – Asam Jawa merupakan jenis buah yang memiliki pohon yang relatif besar, rasa buahnya asam dan biasa digunakan ibu-ibu sebagai bumbu masak untuk menambah rasa asam pada masakan, misalnya pada sayur asam atau kuah pempek, yang suka pempek kemungkinan besar tahu rasa asam yang satu ini.

Oh ya, pohon asam jawa ini menurut Wikipedia berasal dari India. Pohonnya relatif besar, daunnya hijau dan akan gugur semuanya pada saat musim bunga tiba dan yang tersisa hanya pohon dan ranting-rantingnya saja yang kemudian keluar bunga dan diikuti dengan munculnya tunas daun muda.

Buah dari phon Asam Jawa ini sudah dari dulu sangat populer karena sudah umum digunakan pada aneka masakan di Nusantara dan berbagai belahan dunia lain.

Selain sebagai bumbu pada masakan, asam jawa bisa juga digunakan sebagai penghilang bau amis pada ikan, bahan sirup, selai, gula-gula atau jamu.

Sedangkan bijinya bisa dimakan setelah direndam dan direbus atau dipanggang, bisa juga dibuat tepung untuk membuat kue atau roti.

Manfaat lain bagi kesehatan dari pohon Asam Jawa tersebut antara lain daun mudanya bisa digabung dengan kunyit dan bahan lain untuk membuat jamu tradisional sebagai minuman kesegaran.

Daun muda yang direbus bisa digunakan untuk mengobati batuk dan demam. Kulit batangnya ditumbuk untuk pengobatan luka, borok, bisul dan ruam. Sedangkan tepung bijinya bisa mengobati disentri dan diare.

Itulah sekelumit manfaat dari Asam Jawa dari pohon hingga buahnya yang perlu kita ketahui, ternyata manfaatnya banyak banget selain hanya sebagai campuran pada masakan..

Tinggalkan Balasan