Menyembuhkan Penyakit Dengan Kekuatan Pikiran

Menyembuhkan Penyakit Dengan Kekuatan Pikiran

Info Sehat – Pikiran menentukan kesehatan tubuh. Efek plasebo adalah bukti bahwa pikiran bisa menyembuhkan tubuh dari penyakit. Kanker, gagal ginjal, penyakit jantung yang paling parah pun bisa sembuh sendiri dengan pikiran yang positif.

Dr Lissa Rankin bercerita mengenai beberapa kisah nyata pasien yang sembuh oleh efek plasebo namun kembali sakit oleh efek nocebo (lawan dari plasebo). Pikiran positif akan membantu kesembuhan, sebaliknya pikiran negatif akan menghalangi kesembuhan. Dunia medis dipenuhi banyak sekali bukti adanya efek pikiran terhadap kesehatan.

Dokter bisa menjadi sumber optimisme maupun pesimisme dari pasien. Oleh karena itu, dokter harus memberikan harapan kepada pasien-pasiennya. Dr Lissa Rankin mengajukan sebuah konsep kesehatan holistik yang berbasis keseimbangan hidup dalam lingkungan yang penuh cinta, melayani, sukacita dan syukur.

Setiap hari ada lebih dari 50 sumber stres. Anda perlu relaksasi setiap hari untuk membuat pikiran dan tubuh Anda seimbang. Relaksasi membuat tubuh Anda mengeluarkan hormon-hormon seperti dopamin, oksitosin, yang menyehatkan tubuh.

(Catatan: dr Lisa menyebutkan beberapa contoh relaksasi seperti yoga, meditasi, dll. Muslim melakukan relaksasi minimal 5 kali sehari dengan sholat! Bila sholat Anda benar, tentu itu lebih dari cukup untuk relaksasi).

Tinggalkan Balasan