patch adams

Arti Pengobatan Integratif Menurut dr Patch Adams

Info Sehat – Dr. Patch Adams adalah seorang dokter holistik yang juga dikenal sebagai badut. Filosofi dia adalah bahwa bahagia adalah kunci kesehatan dan ketenangan. Dengan membadut dia membuat pasiennya gembira, melepaskan hirarki, melupakan rasa sakit, terbuka dan bekerja sama.

Menurut pendapatnya, yang menjadi masalah kini bukanlah allopathic system, tapi market capitalism. Dalam sistem kapitalisme pasar, orang yang di atas ingin tetap di atas dengan mengeksploitasi keserakahan dan teknologi.

Dia tidak pernah mendengar orang yang kritis terhadap pengobatan komplementer (complementary medicine) yang benar-benar tahu mengenainya. Sangat tidak ilmiah untuk mengatakan bahwa sesuatu tidak berguna tanpa pernah betul-betul mencobanya.

Dr. Patch Adams seringkali menggunakan pengobatan komplementer karena terbukti bisa bermanfaat ketika pengobatan konvensional tidak bisa berbuat apa-apa. Dengan begitu dia tidak membuang ilmu kedokterannya, dia hanya menambahkan.

Dia percaya bahwa setiap masalah tidak mungkin hanya memiliki satu faktor, satu penyebab, satu jenis penanganan. Di bidang kesehatan, semakin banyak pilihan semakin baik.Menyatakan bahwa pengobatan konvensional (allopathic) adalah sistem yang terbaik berarti mengabaikan sejarah pengobatan yang telah berusia ribuan tahun, banyak di antaranya merupakan sistem yang kompleks.

Akupunktur misalnya, adalah sistem yang sama sekali berbeda dengan allopathic, homeopathic, dan body adjustment systems seperti chiropractic dan osteopathic.

Dia menyarankan para dokter untuk menghadapi pasien dengan penuh kasih sayang. Hal itu berarti juga bahwa kadang kala harus mengatakan bahwa pengobatan tidak perlu bila memang tidak diperlukan, atau  merujuk ke terapis lain yang lebih sesuai untuk menangani. Keterampilan mendengarkan adalah hal yang sangat pokok untuk dimiliki oleh setiap dokter.

This Post Has 2 Comments

Tinggalkan Balasan