pengertian hipospadia

Pengertian Hipospadia (Kasus: Aprilia Santini Manganang)

Info Sehat — Pernah dengar kisah atlet voli wanita (Aprilia Santini Manganang) yang kini sudah menjadi TNI (Tentara Nasional Indonesia)? ternyata dia mempunyai kelainan bawaan yang bernama Hipospadia.

Hipospadia adalah suatu kondisi medis bawaan lahir dimana letak lubang kencing bayi laki-laki ada di bagian bawah penis, bagian batang penis, atau bahkan di daerah Skrotum (Buah Zakar laki-laki) dan bukan di ujung penisnya layaknya laki-laki normal dari lahir.

Lalu apa efeknya bagi anak dengan kelainan Hipospadia ini?

Di sadur dari Instagram (@dokterkulitdotcom), efek yang terjadi pda pada anak/orang yang mempunyai kelainan Hipospadia ini diantaranya:

  • Efek paling ringan adalah ketika buang air kecil percikan urine tidak normal
  • Kulup hanya menutupi bagian atas kepala penis
  • Atau seperti yang terjadi pada atlet voli wanita kita, penisnya disangka vagina

Ini tidak sama dengan Kelamin Ganda ya, karena memang penderita Hipospadia ini TIDAK PERNAH punya dua kelamin (kelamin ganda). Dan dari sekian informasi yang bisa mimin simpulkan orang yang ada kelainan bawaan lahir jenis ini sejatinya dia adalah laki-laki tulen, hanya saja tuhan menakdirkan seperti itu.

Sebenarnya apa yang menyebabkan Hipospadia?

Sampai saat ini penyebab pastinya belum di ketahui, namun ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seorang bayi mengalami Hipospadia. Berikut diantaranya..

  1. Paparan asap rokok atau pestisida ketika dalam kandungan
  2. Ibu menjalani terapi hormon untuk merangsang kehamilan
  3. Ibu menderita obesitas dan diabetes ketika hamil
  4. Ibu mengandung diatas usia 35 tahun
  5. Bayi terlahir prematur
  6. Ada keluarga yang pernah mengalami Hipospadia, atau dengan kata lain ada gen dari turunan keluarga

Secara umum, biasanya anak yang punya kelainan Hipospadia bisa langsung terdiagnosis pada pemeriksaan fisik pertama ketika bayi lahir.

Setelah tahu anak ada kelainan Hipospadia, sikap keluarga harus bagaimana?

Sebenarnya kalau letak lubang kencingnya sangat dekat dengan tempat yang seharusnya (ujung penis), dan bentuk penis tidak melengkung, bisa didiamkan saja. Tapi, kalau lubang kencingnya jauh dari posisi seharusnya itu bisa dilakukan operasi seperti yang terjadi pada Aprilio Perkasa Manganang (nama baru Aprilia Santini Manganang setelah di operasi dan ganti nama).

Operasi di lakukan oleh dokter Spesialis Urologi, dan sebaiknya di operasi saat sebelum usia sekolah untuk menghindari efek psikologis pada anak ketika tumbuh dewasa . Tujuan dari operasi adalah untuk memperbaiki penis yang bengkok supaya bisa ereksi dengan lurus, pancaran urin normal, dan bisa ejakulasi ke depan.

Hal yang penting dan perlu di ingat kalau menemukan/mempunyai anak ada kelainan Hipospadia JANGAN DISUNAT DAHULU. Alasanya karena kulit kulupnya dibutuhkan untuk membentuk atau memperbaiki saluran kencingnya ketika operasi. Tapi yang paling penting tetap konultasikan ke ahlinya sebelum memutuskan melakukan suatu tindakan apapun pada penderita kelainan ini. Mohon maaf dan terima kasih..

Tinggalkan Balasan