5 Tips Menjaga Tubuh Lebih Sehat

5 Tips Menjaga Tubuh Lebih Sehat

Info Sehat – Kesehatan merupakan aset yang penting dalam kehidupan ini. Rasa sehat merupakan dambaan setiap insan tanpa terkecuali, baik muda maupun tua.

Bahkan untuk mendapatkan rasa sehat ini sebagian orang rela menghabiskan uang guna menjalankan berbagai kagiatan yang katanya bisa mengantarkan kepada rasa sehat.

Intinya bahwa kesehatan itu penting adanya, tidak bisa diukur dengan harta sebanyak apapun. Tapi yang harus selalu di ingat adalah Kesehatan merupakan nikmat dari Allah yang harus selalu disyukuri oleh setiap hamba-Nya.

Sebanyak apapun usaha yang manusia kerahkan untuk mendapatkan kesehatan ini tapi kalau Allah berkehendak seseorang itu sakit maka tidak ada yang bisa menghalangi kehendak Allah tersebut.

Tapi kita sebagai manusia tetap harus berusaha dan berdoa agar kesehatan itu Allah berikan kepada kita dengan menjalankan sebab-sebab menuju sehat.

Ada beberapa tips yang ditemukan para ilmuwan yang dapat kita jadikan sebab-sebab menuju rasa sehat ini, antara lain :

1. Rutin Makan Ikan

Ikan merupakan sumber protein terbaik dan sumber lemak sehat. Kebiasaan makan ikan ini juga bisa menurunkan resiko kanker khususnya kanker kolorektal yang menjadi penyebab utama ketiga kematian akibat kanker didunia barat.

2. Berhenti Merokok

Dalam Islam merokok merupakan perkara yang baiknya dihindari (ada yang mengatakan haram, makruh) karena merupakan perbuatan merusak tubuh, dan merusak tubuh merupakan kedholiman. Juga merokok merupakan salah satu cara dalam mengurangi resiko terkena kanker secara drastis.

3. Rawat Kesehatan Gigi

Menurut penelitian bahwa kebiasaan membersihkan gigi secara teratur dapat membantu menurunkan resiko penyakit pembuluh darah dan jantung. Bahkan penelitian menemukan bahwa seseorang yang rutin menyikat gigi memiliki resiko lebih rendah mengalami serangan jantung, stroke, dan kejadian kardiovaskular.

4. Turunkan Berat Badan Anda

Kelebihan berat badan bisa menimbulkan gangguan pernapasan walaupun penderita hanya melakukan aktivitas ringan, nyeri punggung, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, stroke, serangan jantung, gagal jantung, kanker, batu kandung empedu dan kandung kemih, dan lainnya.

5. Dosis Rendah Aspirin

Dosis aspirin yang rendah bisa mencegah penyakit jantung, mengurangi kasus kematian non-vaskular termasuk kematian akibat penyakit kanker.

Itulah 5 tips untuk menjaga kesehatan dari Akusehat kali ini. Semoga yang membaca ini mendapatkan manfaatnya ya..

Tinggalkan Balasan